Pengalaman Tidak terlupakan - Corupt Data File Server Domain Controller

Catatan Asli Berdasarkan Pengalaman Pribadi

17 December 2015 sekitar pukul 20:11 Front Desk Agent Hotel memberi informasi bahwa tidak bisa melakukan print by lnl, saya fikir saat itu ah.. paling masalah credential.
Lalu saya coba solve dengan cara remote ke PC tersebut. Dan alangkah terkejutnya saya bahwa directory file server tidak bisa di akses.

Lalu saya bergegas datang ke hotel untuk solving, saya temukan bahwa semua data yang ada di server telah hilang, dan status hard disk drive D server kosong.

System Hote; masih tetap berjalan, dan data System masih berjalan namun Status saat ini akses kepada file server sementara tidak bisa diakses.

Beruntung saya sudah melakukan back up configurasi file file yang diperlukan untuk keperluan generate system hotel. 

Malam itu terasa lebih dingin dari malam sebelumnya, karena saya stay di server semalaman. saya tidak bawa baju ganti dan masih menggunakan sendal.

Saya coba berbagai cara untuk mengembalikan semua data sampai jam 1 malam belum berhasil juga, saya ulang semua proses dan mencari segala kemungkinan namun nihil, data tidak bisa kembali karena software memaksa saya untuk menggunakan feature PREMIUM alias berbayar.

Sampai tanggal 18 December 2015 saya masih belum bisa merecover data tersebut, orang orang sudah panik terutama departemen yang sangat bergantung pada file server tersebut. muka saya sudah sangat tidak bersahabat karena memang belum tidur semalam, makan pun tidak selera.

Baju seragam pun dikirim oleh kakak saya dari rumah. perasaan, fikiran bercampur aduk tidak karuan. lalu saya memilih jalan yang sedikit menyimpang dengan menggunakan program yang di bajak. saat itu sudah pukul 19 malam dan proses menunjukan 75% recovery.

saya terus berdoa dan berfikir kenapa ini bisa terjadi. puku 9 malam proses menunjukan bahwa sudah selesai, secara system folder tertampil dengan benar, namun beberapa data tidak bisa dikembalikan 100% beberapa dokumen gagal untuk dibuka. namun saya masih selamat karena beberapa file penting sudah diselamatkan.

Sejak saat itu saya berfikir untuk mengamankan semua data penting di tiga tempat berbeda dengan cara otomatis. meski case seperti ini jarang terjadi bukan berarti tidak akan terjadi kedua kali.

Ini merupakan mimpi buruk bagi saya dan menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk saya,

Komentar