Real Story - Server Failure

Saat itu saya sedang asyik melakukan aktifitas seperti biasa, namun tiba tiba UPS didalam server berbunyi berulang ulang, seperti dalam film yang menunjukan ada sesuatu yang ingin meledak.

Saya memanggil engineering untuk bantuan pengecekan. Dia juga bingung suara apa itu. akhirnya saya putuskan untuk mematikan UPS tersebut. dan melakukan sambungan langsung ke listrik.

Ternyata server tidak mau menyala. saya panik.. tenggorokan saya mendadak kering.. muka saya pucat pasi. karena saya tidak mengerti 100% configurasi server. saya check power listrik ada arus namun tetap server tidak mau menyala. saya semakin bingung dan stress. orang orang mulai bertanya ada apa ini? sudah banyak tamu mengantri. saya bekerja pada hotel dimana system sangat dibutuhkan dan tugas saya menjaga system tetap hidup.

Lalu bagaimana ceritanya ini system mati. saya putuskan menelpon orang yang sangat paham tentang server. melalui sambungan video call dia membantu analisa, dan ternyata saya melakukan hal sangat bodoh... dengan tidak menekan tombol power pada server. tombol tersebut sangat tidak menyerupai tombol. hanya sebuah lampu LED berwana hijau.

Bodohnya saya tidak melakukan browsing tombol power server HP proliant... atau bagaimana cara menghidupkan server HP Proliant... bodoh memang bodoh. dalam keadaan panik semua buyar, semua sirna seketika. saya terlalu fokus terhadap masalah yang saya hadapi. tidak tenang dan tidak berfikir dua kali.

dan sejak saat itu saya putuskan untuk mengikuti pedoman corporate agar migrasi ke CLOUD server.

Komentar